Top Social

Sumur Izin

Di pimpin oleh RAJA NIZHAM                                                          Di pimpin oleh RAKSASA AZKA
 

    Ada sebuah kerajaan yang aman dan damai, yaitu kerajaan DAMAI. Kerajaan itu dipimpin oleh Raja yang pintar dan bijaksana, Nizham. Orang-orang penghuni kerajaan raja Nizham sangat suka kepada raja mereka. Ya! karena raja Nizham selalu menjaga kedamaian kerajaan itu, seperti melihat keamanan pasar, memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan. Penghuni kerajaan itu tidak akan membiarkan Raja jika raja membutuhkan bantuan.

    Di daerah mereka juga terdapat banyak sumur, salah satunya adalah sumur raksasa. Sumur raksasa sangat terkenal di desa itu. Beberapa orang dari beberapa kerajaan berbondong-bondong mencoba air dalam sumur itu. Hingga bermiliar-miliyar orang meminumnya tetap saja tidak habis, karena sumur sebesar surga tidak akan habis. Walau pun sudah diminum ber'abad-abad. Tidak lupa raja Nizham juga selalu menjaga kebersihan sumur itu. Setiap hari penghuni kerajaan selalu meminta izin.

    "Wahai raja, apakah saya boleh meminum air dalam sumur raksasa itu?"Selalu begitu setiap menit, setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, setiap tahun, dan setiap abad.

    Walaupun raja selalu membolehkan dan menyarankan langsung meminum saja. Dari bayi sampai tua para penghuni kerajaan diajarkan oleh orang tua mereka untu selalu meminta izin ketika meminum air sumur raksasa. Anak-anak selalu saja menurut, wwalaupun mereka belumpernah melihat sumur raksasa.'Sepenting apa sumur itu hingga harus meminta izin' Pertanyaan itu sering di tanyakan kepada diri sendiri, teman, saudara, sepupu. Tapi tak pernah kepada raja atau orang tua.

    Suatu hari kerajaan damai mengalami kekeringan. Kecuali sumur raksasa. Mengapa sumur itu tidak menguap? Tentu saja air sebanyak itu akan butuh waktu lama untuk menguap. Suadh berminggu-minggu mereka tidak minum. Kalau minum mungkin minum minuman yang ada di istana. Itupun jumlah nya sangat sedikit. Ketika salah satu perajurit tahu bahwa air sumur itu masih ada, ia bergegas ke istana. Tidak lupa ia menutup satu-satu dengan triplek istana ke mulut sumur. Agar nanti air tidak mudah menguap. Dan tidak panas saat di minum penghuni kerajaan. Dalam perjalanan pulang ia melihat raksasa daripulau seram. Penghuni kerajaan sudah tahu bahwa penghuni pulau seram, alias raksasa mengerikan suka meminum air sumur dari pulau atau kerajaan lainnya. Bahkan bisa mereka minum habis. Sekalipun air sumur sebesar surga. 

    Sesampainya di istana ia memberitahukannya kepada raja. Sebagian perajurit ketakutan dan sebagian lagi menyuruh untuk menyerangnya. Raja Nizham pun mengerahkan semua pasukan. Tidak lupa juga ia meminta bantuan para penghuni kerajaan. Semua pemuda yang memiliki ahli masing-masing mau dan ikut serta dalam perang tersebut. Yng memiliki keahlian memanah menaiki benteng dan memanah dengan anak panah seadanya, keahlian berkuda berlari dengan kuda ke arah sumur dan pergi agak jauh ke tempat raksasa.

    Keahlian berkudadan pedang ikut berperang. Raja Nizham memimpin pasukan perang. Setelah agak lama menunggu para ahli berkuda datang dan memberi tahu bahwa para raksasa itu sedang bersiap dan membereskan tenda.

    Pasukan yang di pimpin raja Nizham berangkat lebih dulu. Sesampainya disana ternyata para raksasa itu sudah terlihat. Para raksasa itu bergerak seperti berbicara dengan bahasa isyarat. Dan seketika keluar perisai bulat dan di sekelilingnya terdapat duri-duri yang mengerikan.

    Dua kekuatan yang saling bertabrakkan membuat ledakan yang sangat dasyat. beberapa orang terluka. Tapi mereka tidak pernah takut. Peperangan akhirnya selesai. Dimenangkan oleh Pasukan RAJA NIZHAM. Karena pnasihat raja yang ikut berperang membebaskan para raksasa itu. Dengan syarat

    "Jika ingin melakukan sesuatu, termasuk minum air sumur minta izinlah kepada orang yang di temui. Orang itu pasti tidak akan segan-segan memberi tahukan kepada pemilik benda itu. Dan ingat seelalu pesan itu. Kamu akan tahu maksud kalimat itu."Kata penasihat raja kepada raksasa yang ternyata memimpin pasukannya, AZKA. Sejak saat itu semua raksasa selalu meminta izin ketika ingin minum air sumur. Mereka mengerti maksud kalimat itu. Ya! itu adalah mereka menjadi terkenal. Bukan terkenal karena suka menghabiskan air sumur, tetapi karena MEREKA KINI BAIK HATI, SUKA MENOLONG, DAN YANG PENTING SUKA MEMINTA IZIN.

    Saat mereka tahu arti kalimat itu mereka mengusulkan kepada raja

    "Raja apakah SUMUR RAKSASA itu boleh kami ganti namanya menjadi SUMUR IZIN? Dengan begitu semua yang ingin mengambil airnya tahu harus meminta izin."Usul raksasa Azka.

    Raja sangat senang mendengarnya. Iapun menyetujui usulan cemerlang itu.

    DAN SEKARANG NAMA SUMUR ITU BUKAN LAGI SUMUR RAKSASA, TAPI SUMUR IZIN

                                                                      T  A  M  A  T                                                                          


2 comments on "Sumur Izin"

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9